Konsep Pendidikan dalam Al‑Qur’an dan Hadits sebagai Pondasi Pembangunan Akhlak Terpuji dan Ilmu Pengetahuan Berkualitas

Ahyar Rasyidi

Abstract


This study examines the concept of education in Islam based on revelation and the Sunnah. Education is understood not merely as a process of transferring knowledge, but also as a foundation for morality and scientific research. Analysis is conducted on verses such as QS. 20:114 and the Prophet's hadith concerning the etiquette of learning. The study results indicate that Islamic education must be oriented towards the integration of knowledge and ethics. Practical recommendations are provided for strengthening the religious curriculum in modern educational institutions

References


Amin, Muhammad. “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (20 Juli 2017): 105–24. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222.

Annur, Yusri Fajri, Ririn Yuriska, dan Shofia Tamara Arditasari. “PENDIDIKAN KARAKTER DAN ETIKA DALAM PENDIDIKAN.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 9 Juni 2021. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5688.

Arif, Muh. “Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Al-quran (Studi Qs Luqman: 12-19).” Irfani 11, no. 1 (2015): 29308.

Aulia, Muhammad Ghozil, dan Jauharotun Nafiisah. “Internalisasi Nilai Nilai Pembelajaran Al Qur’an Hadis Dalam Kehidupan Siswa: Studi Kasus MTsN 1 Bantul.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 3, no. 1 (30 Juni 2023): 63–75. https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-05.

Fahmi, Muhammad Nahdi, dan Sofyan Susanto. “Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar:” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 7, no. 2 (31 Agustus 2018): 85–89. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1592.

Fauziah, Hamidah Ulfa, Edi Suhartono, dan Petir Pudjantoro. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Religius.” Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial 1, no. 4 (30 April 2021): 437–45. https://doi.org/10.17977/um063v1i4p437-445.

Hakim, Irsyadul, Agus Akhmadi, dan Rido Kurnianto. “RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN PADA PENDIDIKAN DI INDONESIA.” TARBAWI:Journal on Islamic Education 3, no. 2 (28 Oktober 2019): 133–44. https://doi.org/10.24269/tarbawi.v3i2.312.

Hayati, Nelmi, dan Fuji Pratami. “KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KAJIAN HADIS.” Al-Mu’tabar 3, no. 1 (3 Januari 2023): 35–48. https://doi.org/10.56874/jurnal.

Hermawan, Iwan, Nurwadjah Ahmad, dan Andewi Suhartini. “Konsep Amanah Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12, no. 2 (8 September 2020): 141–52. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.389.

Humairah, Andi Eliyah, Rahmawati Ramli, La Ode Ismail Ahmad, dan Abd Rahman Sakka. “Pembelajaran Holistik Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran Dan Tafsir 3, no. 2 (31 Desember 2023): 223–39. https://doi.org/10.19109/jsq.v3i2.21638.

Ikhwan, Ikhwan. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an.” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman 2, no. 1 (2018): 1–26. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v2i1.17.

Mubarok, Husni. “PROGRAM PASCASARJANA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) WALISONGO SEMARANG TAHUN 2018,” t.t.

Mukhid, Abd. “KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN.” NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam 13, no. 2 (31 Desember 2016): 309–28. https://doi.org/10.19105/nuansa.v13i2.1102.

Oktarina, Putu Santi. “KONSISTENSI PENERAPAN DISIPLIN POSITIF DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR.” Prosiding Nasional, 2 April 2016. http://proceedings.penerbit.org/index.php/PN/article/view/202.

Prasetyo, Danang, Marzuki Marzuki, dan Dwi Riyanti. “Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN 4, no. 1 (14 Desember 2019): 19–32. https://doi.org/10.15294/harmony.v4i1.31153.

Saifi, Ani Fatimah Zahra, Erni Susilawati, Eusi Komala, Aan Hasanah, dan Bambang Samsul Arifin. “Implikasi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pengembangan Bidang Pendidikan Islam | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.” Diakses 25 April 2025. https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/5057.

Septianti, Ike, Devy Habibi Muhammad, dan Ari Susandi. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an dan Hadist.” FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman 12, no. 02 (28 September 2021): 23–32. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.551.

Solihin, Ahmad, Hasan Abdul Wahid, dan Abdullah Fikri. “Pendidikan Karakater Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadist.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 2, no. 7 (3 Juli 2023): 1397–1408. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i7.298.

Sutriani, Sutriani, dan Nur Hidayat. “IMPLIKASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM SISWA.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 8, no. 2 (26 Agustus 2023): 585–95. https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i2.390.

Zulyadain, Zulyadain. “Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).” Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan 10, no. 1 (2 April 2018): 123–49. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v10i1.146.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.