Analisis Peran Hadits dalam Menyusun Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah dan Sekolah Islam

Aulia Rahman

Abstract


Hadis merupakan sumber ajaran Islam kedua setelah Al-Qur’an yang memiliki peranan penting dalam membentuk landasan normatif dan aplikatif dalam kehidupan umat Islam, termasuk dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis peran hadis dalam penyusunan kurikulum pendidikan agama Islam di madrasah dan sekolah Islam. Melalui pendekatan kualitatif-deskriptif dan studi pustaka, penelitian ini menemukan bahwa hadis tidak hanya menjadi sumber materi ajar, tetapi juga membentuk kerangka nilai dan tujuan pendidikan Islam. Kurikulum yang berbasis hadis mampu menanamkan akhlak mulia, membentuk karakter peserta didik, serta memperkuat pemahaman terhadap ajaran Islam secara menyeluruh. Di samping itu, hadis juga menjadi pedoman dalam metode pengajaran, evaluasi pembelajaran, serta pengembangan kompetensi spiritual dan sosial peserta didik. Dengan demikian, integrasi hadis dalam kurikulum pendidikan agama Islam sangat penting untuk mewujudkan generasi yang berilmu, beriman, dan berakhlak karimah

Full Text:

PDF

References


Afizah., N. &. (2024). Pendidikan Islam dan pembangunan sumber daya manusia. jakarta: lembaga penerbit Universitas Islam Negeri.

al-Abrasyi, M. '. (2003). At-Tarbiyah Islamiyah,(Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam) Terj. Abdullah ZakiyAl-kaaf. Bandung: Pustaka Setia h.13.

Alamsyah, M. (2021). Validitas Hadits dalam Materi Pendidikan agama islam di sekolah . Jurnal Studi Islam dan pendidikan, 8(1), 45-59.

Andreani, R. S. (2023). Strategi pembelajaran Nabi Muhammad SAW dalam Perspektif Pendidikan Islam kontemporer. Jurnal ilmiah pendidikanislam , 9(1), 45-60.

Andryani, A. m. (2004). Pendidikan agama islam berbasis kompetensi konsep dan implementasi kurikulum. Bandung: Rosdakarya h. 78-80.

Azizah, N. &. (2022). Evaluasi Pendidikan Islam Berbasis Hadits Studi Konseptual Effort Based Learning. Jurnal Evaluasi Pendidikan Islam 7(2), 101-115.

El-Yunusi, M. A. (2023). Integrasi hadits dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam. Jurnal kurikulum dan pembelajaran islam , 78-91.

Fauza, R. (2023). Konsep Growth Mindest dalam pendidikan nabi Muhammad SAW. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 29-51.

H., Y. (2020). Integrasi Hadits dalam kurikulum pendidikan agama islam di madrasah. Jurnal Kurikulum Islam 5(1), 77-89.

Ismail, M. B. (2001). Shahih al-Bukhari (terjemah). Berut: dar Ibn Katsir.

Kulsum, Ummi, and Abdul Muhid. 2022. “Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Digital.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 12 (2): 157–70.

M, A. (2023). Peran hadits dalam pendidikan karakter di lembaga pendidikan islam. jurnal pendidikan islam, 11(2), 155-156.

Madjid.N. (2002). jakarta : Pramadina. Islam Doktrin Dan Pradaban.

Muhammad. (2016). Larangan Riba Dalam teks dan konteks . Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 2 (3).

Muslim, I. (2002). Shahih Muslim. Beirut: Dar Ihya al Turats al arabi.

Nurhayati, S. (2018). Peran Hadits dalam pembentukan Moral siswa di sekolah islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 100-115.

Nurhayati, S. (2021). Penanaman nilai kejujuran dalam pendidikan islam berbasis hadits nabi. Jurnal Pendidikan Akhlak, 88-97.

Rahman, A. &. (2020). Nilai-nilai keadilam dalam evaluasi pendidikan islam . jurnal studi keislaman 12(1), 55-70.

Rohman, A. (2015). Evaluaislam si Kurikulum dalam perspektifpendidikan . Jurnal Pendidikan islam, 3(2), 133-145.

Suyuthi, J. (2005). Al-Itqan Fi "ulum al-qur'an (Terj). Beirut: Dar Al-Fikr.

Yusri, H. (20220). Integrasi hadits dalam kurikulum pendidikan agama islam di madrasah . Jurnal Kurikulum Islam, 5(1), 77-89.

Zuhairin, e. a. (1993). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Askara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.