Implementasi Metode Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Zein Muhamammad, Ahmad Syauqi, Khairun Nisa

Abstract


Penelitian ini berupaya mengeksplorasi penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, yaitu pengumpulan data dengan meninjau berbagai sumber pustaka seperti buku, jurnal akademik, dan artikel terkait. Tinjauan pustaka menunjukkan bahwa penerapan PBL sangat meningkatkan partisipasi siswa, meningkatkan kreativitas, dan memperdalam pemahaman nilai-nilai Islam melalui pemecahan masalah berbasis konteks. Penelitian ini lebih jauh menekankan fungsi penting pendidik sebagai enabler dalam mempromosikan pengalaman belajar yang menarik dan relevan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pendidik dalam merumuskan metode pengajaran yang kreatif untuk membangun suasana belajar yang menarik dan bermakna.

Full Text:

PDF

References


Anwar, M. (2012). Implementasi Problem-Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam.

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill Education.

Barrows, H. S. (1996). Problem-Based Learning in Medicine and Beyond: A Brief Overview. New Directions for Teaching and Learning.

Hanun, R., Rahman, A., & Husnita, L. (2023). Penerapan Metode PBL dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Educativo, 1(3). Retrieved from https://www.educativo.marospub.com/index.php/journal/article/view/112

Hidayat, M. (2015). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Agama Islam. Penerbit Edukasi.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasir, A., Lubis, F. A., & Handayani, S. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar PAI Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Teknologi (JIPT), 3(1). Retrieved from https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/download/2893/1447/10391

Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Suryosubroto, B. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Prestasi Pustaka.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.