Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa

Muhyis Salam

Abstract


Pembelajaran Agama Islam di sekolah sering kali dilakukan dengan metode konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Salah satu pendekatan inovatif yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai Islam adalah Project-Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kreativitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dari berbagai jurnal dan penelitian terbaru. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam PAI memberikan dampak positif dalam meningkatkan kreativitas siswa, keterampilan berpikir kritis, serta keterampilan komunikasi dan kolaborasi. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam implementasi metode ini, seperti keterbatasan waktu dalam kurikulum dan kurangnya sumber daya pendukung. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat dalam mengintegrasikan Pembelajaran Berbasis Proyek ke dalam kurikulum agar dapat diterapkan secara optimal dalam pembelajaran PAI.

Full Text:

PDF

References


Aditya Firdaus, M., Jamal, M. Y. S., & Arifin, . B. S. (2023). Improving Student Learning Outcomes Through Project-Based Learning in Islamic Religion Lessons. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(2), 241–254. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i2.400

Ainurahmah & Umami (2025). Pendekatan Samr Dalam Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.61082/alfatih.v8i1.427

Almazroui, K. M. (2023). Project-Based Learning for 21st-Century Skills: An Overview and Case Study of Moral Education in the UAE. https://doi.org/10.1080/00377996.2022.2134281

Al Gomponi, A. G., Siregar, N. C., & Hasibuan, S. S. (2024). The Effectiveness of Project-Based Learning Model in Improving Student Learning Outcomes in Islamic Education Learning at SD Negeri 0101 Sibuhuan. Jurnal Profesi Guru Indonesia, 1(3), 77–84. Retrieved from https://journal.mgedukasia.or.id/index.php/jpgi/article/view/401

Cholidian, Moch. Ainul. (2018). Learning motivation in project based learning model of X grade student in Islamic Religious Education Learning in State Senior High School 7 Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/11980/1/14110129.pdf

Darmasanti, Rodina R, M.Faiz. (2025). Project-Based Learning In Improving Students’ Understanding Of Islam. Kiswah Jurnal Of Islamic Studies And Education, 1(1), 18-26. https://kjisejournal.com/index.php/kjise/article/view/3

Dhaifullah Mochtar Adi Pratama, Zaenal Abidin. (2024). Implementation of Project-Based Learning Model in Islamic Religious Education for Grade X at Muhammadiyah Senior High School 1 Surakarta. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/juspi/article/view/20622

Farida, H. Hadiansyah, M. Mahmud, A. Munandar. (2017). Project-Based Learning Design for Internalization of Environmental Literacy with Islamic Values. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpii/article/view/9452

Halimah, S., et al. (2024). The Effect of Project-Based Learning and Learning Motivation on Rahmatan's Profile Strengthening Lil Alamin in MAN 01 Asahan. https://doi.org/10.33122/ejeset.v5i2.268

Hanan, M., & Abidin, Z. (2024). Revitalizing Islamic Religious Education: Integration Of Project-Based Learning To Generate Student Creativity. Jurnal At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/10.37758/jat.v7i1.957

Hasanah, E., Al Ghazy, M. I., & Al Badar, M. I. (2023). Enhancing Student Leadership Skills Through Project-Based Learning in the Postgraduate Research Experience. https://nsuworks.nova.edu/tqr/vol28/iss5/10/

Irma Syahfitri Lubis. (2025) Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Keislaman. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/analysis/article/download/1457/1112

Juherni Juherni, & Khalipah Khalipah. (2025). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam LKPD Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas 3 MI Mambaul Ulum Kaliacar. Jurnal Miftahul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 25–37. https://doi.org/10.59841/miftahulilmi.v2i2.79

Korina, Mazrur, Rahmad. (2025). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Atas. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/download/1868/948

Muhajir, M., Tambak, S., & Sukenti, D. (2024). Development of Madrasa Teacher Leadership Competency: Involving Project-Based Learning Methods in Students-Centered Learning. https://eric.ed.gov/?id=EJ1431965

Nurul, S. (2025). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Project-Based Learning (PjBL) pada Pelajaran PAI terhadap Kemandirian Belajar Siswa di SMP. https://repository.radenintan.ac.id/37649/

Nurul Latifatul Inayati, Haning Tyas Pratiwi. (2025). Learning Islamic Education with the Project Based Learning (PjBL) Method. https://www.ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/view/603

Pitri, D., Somad, M. A. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Karakter Siswa di Era Digital: Tantangan dan Peluang. https://doi.org/10.19105/nuansa.v22i1.18399

Rahman, A., Remiswal, R., & Khadijah, K. (2024). Implementation of Islamic Religious Education Learning Evaluation Based on Project Based Learning in Merdeka Curriculum. Al-Kayyis: Journal of Islamic Education, 2(1), 21–35. Retrieved from https://ojs.stai-bls.ac.id/index.php/ajie/article/view/139

Safitri, L., Najah, T. S., & Hidayati, N. (2025). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran PAI . TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 8(1), 67–82. https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2966

Siregar, L. (2025). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam: Menyiapkan Siswa untuk Kompetensi Abad 21. Edukatif, 3(1), 174–179. Retrieved from https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif/article/view/1305

Sutrisno, S., & Nasucha, J. A. (2023). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.3

Ulya, F., Rifai RC, A., & Sulistyorini, S. (2020). The Effectiveness of Project-Based Learning Model and Talking stickType of Cooperative Learning Model on the Quran-Hadith Subject Learning Outcomes. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(2), 87-93. https://doi.org/10.15294/ijcet.v9i2.40173


Refbacks

  • There are currently no refbacks.