Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa untuk Meningkatkan Prestasi Akademik

Husna Husna

Abstract


This study aims to analyze the relationship between learning motivation and academic achievement in studens, specifically in the subject of Islamic Religious Education. The reseaerch explores how intrrinsic and extrinsic motivation factors influence students’ academic performance. A quantitative approach was used, involving surveys to assess students’ motivation levels and academic achievement data from their grades. The findings suggest that there is a significant positive correlation between high learning motivation and better academic permormance in islamic Religious Education. Students with higher motivation tend to show improved engagement and understanding of the subject, leading to higher grades. This study highlights the importance of fostering motivation as a key factor in enhancing students’ educational outcomes

Full Text:

PDF

References


Sardiman A.M, Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar,(Jakarta:Raja Grafindo Persada,2007)

Syaiful Bahri Djamarah Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru,(Surabaya:Usaha Nasional,1994,)

Abdul Majid dan Dian Andayani,pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikilum 2004,(Bandung: Remaja Rosdakarya,2006)

Abdul Rahman Shaleh,Psikologi Suatu pengantar

Ahmad D Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan islam,(Bandung:PT. Al maarif,1974)

Akyas Azhari, Psikologi Umum dan perkembangan,(Jakarta:Teraju,2004

Arifin, ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoris dan praktis Berdasarkan pendekatan interdisipliner,(Jakarta:Bumi Askara,2009)

Dapartemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Jakarta: Balai Pustaka,1988)

Depdikbud,Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Jakarta:Balai pustaka,1988)

Dinn Wahyudin, dkk.Pengantar pendidikan,(Universitas Terbuka,Jakarta,2007)

H.M.Alisuf Sabri,Psikologi pendidikan,(Jakarta:pedoman ilmu jaya,1996)

Hamzah B. Uno,Teori motivasi dan pengukurannya..h.27-28

Hamzah B.Uno,Teori Motivasi dan pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan,(Jakarta:PT Bumi Askara,2009)

Hamzah B.Uno,Teori motivasi dan pengukurannya analisis di bidang pendidikan,(Jakarta: PT Bumi Askara,2009)

Iskandarwassid.Srategi pembelajaran Bahasa (Bandung:Rosdakarya,2008)

M.Alisuf Sabri,pengantar psikologi umum dan perkembangan,(Jakarta:pedoman ilmu Jaya,1993)

M.Dalyono, psikologi pendidikan,(Jakarta:PT Rineka Cipta,1997

Moh.Shofan,Pendidikan Berparadigma profektif Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam,(Jogjakarta: UGM Press,2004)

Muhibbin Syah,Psikologi Belajar,(Jakarta:PT Raja Grafindo,2007

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensindo,1995)

Nana Sudjana,Teori-teori untuk pengajaran,(Jakarta:FEUI,1991

Ngalim Purwanto,Psikologi pendidikan,(Bandung:PT Remaja Rosdakarya,1993)

Oemar Hamalik

S.F.Habey,Kamus Populer,(Jakarta:PT.Nurani,1983)

Slameto,Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredet,(Jakarta: Bumi Askara,1991)

Suharsini Arikunto,Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan,(Jakarta: Bumi Askara,2009)

Syaiful Bahri Djamarah,Strategi Belajar Mengajar,(Jakarta:Rineka Cipta,2006)

Undang-undang Sisdiknas(Sistem Pendidikan Nasional) 2003,(Jakarta: Sinar Grafika,2003)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.