Analisis Penerapan Metode Inkuiri Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A. Kadir. (2013) Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif, Ed.1; Makassar: C.V. Indobis.
Arifin, Muzayyin. (2015). Filsafat Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Ed, Revisi, Cet.II; PT. BumiAksara.
Arikunto, Suharimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Atoillah. (2012). Penerapan model inkuiri dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal tarbawi, vol. 1, no. 2:1-14. Doi http://jurnal. upi.edu/file/03_Penerapan_Model_ Inkuiri_-_Ato_Illah.pdf
Bahri Djamarah, Syaiful. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Bambang Sudaryana, D. E. A., Ak, M., Agusiady, H. R., & SE, M. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Deepublish.
Budiman, A. (2017). Penerapan Metode Kontekstual Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerapan Metode Kontekstual Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 1(1), 15-24.
Hamalik, Oemar. (2012). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA, Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
Hanafiah, Nanang Dan Cucu Suhana. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hermawati, K. A. (2021). Implementasi model inkuiri dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti: Analisis pada materi pembelajaran toleransi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al- Thariqah, 6(1), 56-72.
Ibnu Badar Al-Tabany, Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Pranemedia Group.
Majid, Abdul Dan Dian Andayani. (2004). Pendidikan Ag ama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Melong, J. Lexy. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya.
Molan, Benyamin. (2012). Logika Ilmu Dan Seni Berpikir Kritis. Jakarta: Pt Indeks.
Muchlis Solichin, Mohammad. (2017). Penerapan Model Inkuiri Discovery Dalam Pendidikan Agama Islam, Jurnal Tadris, Vol. 12, No. 2: 215-231. Doi http://dx.doi.org/10.19105/tjpi. v12i2.1580
Mustakim, Zaenal. (2009). Strategi Dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Gama Media.
Mutoi, M., & Dwistia, H. (2023). Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar- Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 159-171.
Nurtanto, Muhammad. 2016. Mengembangkan kompetensi profesionalisme Guru Dalam menyiapkan Pembelajaran Yang bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi pendidikan. Universitas Negeri Surakarta.
Poespoprodjo. (1985). Logika Ilmu Menalar. Bandung: Remadja Karya.
Rostiyah. (2014). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sagala, Saiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfa Beta.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. (2011). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, nana. (2011). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: sinar baru algesindo.
Sugiono. (2010). Metode Penelitan Kuantatif Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2014). Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit (SKS), Jakarta: Bumi Aksara
Syafei, Isop. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 2, No. 2, Hlm. 133-140. Doi https://doi.org/10.15575/psy. v2i2.454
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Triswanti, Endah. (2004). Pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar praktik kewirausahaan ditinjau dari tingkat kognitif siswa. Jurnal Penelitian dan penilaian Pendidikan, Vol. 2, No. 2: doi https://doi.org/10.22236/ JPPP_Vol2No2Hal175-190
Undang-Undang RI No. 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Citra Umbara.
Zaeni, Hisyam. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Refbacks
- There are currently no refbacks.