Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Marni Siti

Abstract


If someone has intrinsic motivation within themselves, then they will consciously carry out an activity that does not require external motivation. In learning activities, intrinsic motivation is very necessary, especially in learning alone. It is very difficult for someone who does not have internal motivation to carry out continuous learning activities. This research is a literature study because in it there is a process of finding knowledge by using previous research works that use quantitative methods produced by researchers as a tool to find information about what they want to know. This study collects objective data or information about the relationship between motivation and learning achievement in Islamic religious education. There is a Significant Positive Relationship: The results of the analysis may indicate that there is a significant positive relationship between the level of student learning motivation and their learning achievement in the subject of Islamic Religious Education. This means that the higher the students' learning motivation, the better their learning achievements in this subject.

Full Text:

PDF

References


Djama, Syaiful B, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru (Surabaya: Usaha Nasional, 1984)

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009)

Isnawati, N., & Setyorini, D. (2012). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetisi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, No. 10, Vol. 1.

Karwati, Euis. Manajemen Kelas (Bandung: Alfabeta, 2014)

Khodijah, Nyayu. Psikologi Pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014)

Mukarommah, Istiqomatul. “Korelasi Antara Lingkungan Teman Sebaya dan Kedisiplinan Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 3 Sleman”, (Skripsi, UII, Yogyakarta, 2018)

Mahmud, Psikologi Pendidikan (Bandung: Pustaka Setia, 2012)

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, Cet.1 2001)

Nurani, Dina Eka. "Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Sambit Tahun Ajaran 2019/2020", (Skripsi, IAIN, Ponorogo, 2020)

Nurkholis, “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi”, Kependidikan, 1 (Nopember, 2013)

Nurmala, D.A., Tripalupi, L.E, & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. No. 4, Vol. 1.

Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, No. 3, Vo. 2.

Prahara, Erwin Yudi. Materi Pendidikan Agama Islam (Ponorogo: STAIN Po PRESS, 2009)

Subor, Alex. Psikologi Umum (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2016)

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008)

Syafi’i, Emilia Khumairo. “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tutur dan SMP Negeri 13 Kota Malang”, (Tesis, UIN MALIKI IBRAHIM Malang, 2018)

Sopyan. “Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Disiplin Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 23 Padang”, Edukasi (Agustus, 2016)

Saberi, M.A (2001) "Pangantar Psikologi Umum dan Perkembangan" Jakarta: CV, pedoman llmu Jaya.

Syah, M. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011)

Trisnawati. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Nurul Islam Sekarbela Tahun Ajaran 2016/2017”, (Skripsi, UIN, Mataram, 2017)

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Pasal 58 ayat 1.

Wahab, Rohmalina. Psikologi Belajar (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.