PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI-NILAI ISLAM

Rahmani Rahmadani

Abstract


Thematic learning is a teaching approach that integrates various subjects into a specific theme to provide a more holistic and meaningful learning experience for students. This study aims to analyze the impact of thematic learning on students' understanding of Islamic values. The research employs a quantitative approach with a quasi-experimental design. The subjects of the study consist of elementary school students who receive thematic learning based on Islamic values. Data is collected through comprehension tests and observations, then analyzed using statistical tests to examine the differences before and after implementing the thematic learning method. The results indicate that thematic learning significantly enhances students' understanding of Islamic values such as honesty, discipline, responsibility, and tolerance. This approach helps students connect academic concepts with Islamic teachings in their daily lives, leading to a deeper and more applicable understanding. Therefore, thematic learning is recommended as an effective strategy to improve students' comprehension of Islamic values in primary education settings.

Full Text:

PDF

References


Agustin, N. (2021). . Peran guru membentuk karakter siswa (Antologi esai mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar).

Amiruddin, A., & Sari, D. R. (2023). . Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 120-134. Dapat diakses di: Https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/8918.

Amri, Sofan. 2013. . Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Bafirman,2016. . Pembentukkan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Penjasorkes. Jakarta: Kencana.

Baisa, H., F., M. H. ,. &. . (2018). Konsep kepribadian muslim muhammad iqbal perspektif pendidikan islam sebagai upaya pengembangan dan penguatan karakter generasi milenial. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(4), 557–558.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Longmans, Green.

Darmadi, H, 2016. . Tugas, Peran, Kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru professional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.

Fadilah, A. (2021). . Strategi Guru PAI dalam Menginternalisasi Nilai-Nilai Agama kepada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Jakarta.

Gunawan, 2012, H. . Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Haeruddin, Mustabsyirah, Muh. J., Aso Arjum. . Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral.

Haniyyah, Z., & Indana, N. (2021). . Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 75–86. Https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna%0APERAN.

Herlina, L. (2019). . Pengaruh Lingkungan terhadap Prestasi Belajar Siswa. Kompasiana.

Hidayat, R. (2023), S., D. P. ,. &. (t.t.-a). Implementasi Pembiasaan dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama pada Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(1), 102-115.

Hidayat, R. (2023), S., D. P. ,. &. (t.t.-b). Strategi Keteladanan Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(1), 102-115.

Hidayatullah, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 115-130.

Jemari: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 3 No. 2, Halaman: 58 – 65, July, 2021

Jurnal Didaktik STKIP Subang (2022). . Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Interaksi dan Kesejahteraan Pelajar.

Lestari, N. (2021). . Pesantren Kilat sebagai Sarana Pembentukan Karakter Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter Islam, 8(1), 78-91.

Manizar, E. 2015. . Peran Guru Sebagai Motivator dalam Belajar. Jurna Tadrib.

Marlinda, R. (2022). . Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Siswa di SMP N 17 Lebong. Skripsi, IAIN Curup.

Mawarni, A. (2023), A., F. D. ,. Syakur, A. ,. &. . Pengaruh Media Sosial terhadap Nilai Moral dan Etika Generasi Muda. Jurnal Indigenous, Universitas Sebelas Maret.

Maylisa, D. (2021). . Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik di SMP Negeri 1 Metro. Skripsi, IAIN Metro. Dapat diakses di: Https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3618.

Mulyasa, E. 2011. . Menjadi Guru Profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murni, I. (2021), M., Neviyarni, &. . Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan moral peserta didik sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 49. Https://doi.org/10.29210/02928jpgi0005.

Normalinda, N. (2023). . Upaya Guru dalam Memberikan Pendidikan Moral. Kompasiana.

Nurrochman, C. (2023). . Sinergi Peran Guru, Orang Tua, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Siswa. Kompasiana.

Octaviani, N., Darmiyanti, A., & B. K., M. T. . (2022). Upaya Penanganan Tindakan Bullying melalui Penerapan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas VII di MTs Al-Ikhlas Proklamasi Karawang. Fondatia, 6(3), 513–525. Https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2024.

Oktavia, A., & Rahman, R. (2021). . Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 7 Payakumbuh.

Oktavia, D., & Rahman, A. (2021). . Kurangnya Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal of Basic Education.

Perdana, N. S. . (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). Https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358.

psikologi.uma.ac.id. (2022). . Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. (2022). Kurangnya Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Anak.

Putri, D., & Rahman, F. (2021). Dampak Pembelajaran Tematik terhadap Sikap Religius Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 45-60.

Putri, R., & Andrian, D. (2020). . Pengaruh Media Sosial terhadap Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Pancasila pada Generasi Z. Jurnal Ilmiah, Neliti.

Rahmah, R. (2023). . Peran Guru dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Journal on Education, 5(4), 16379–16385. Https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2791.

Rahman, M. A. (2022). . Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Islam dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah. Jurnal Ikhlas, 5(2), 45-56. Dapat diakses di: Https://ejournal.aripafi.or.id/index.php/Ikhlas/article/view/131.

Rahman, R. (2021), B., I. M. S. ,. &. . Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius. An-Nuha, 1(4), 573–583. Https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.135.

Rahmawati, S. (2022), H., M. ,. &. (t.t.-a). Peran Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 45-58.

Rahmawati, S. (2022), H., M. ,. &. (t.t.-b). Peran Pembiasaan dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 45-58.

Rohman, F. . (2019). Strategi Pembelajaran PAI. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU JEPARA.

Santoso, B. (2023), H., R. ,. &. (t.t.-a). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa. Jurnal Irsyaduna, 4(1), 78-90.

Santoso, B. (2023), H., R. ,. &. (t.t.-b). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Globalisasi. Nawala Education Journal, 4(1), 78-90. Dapat diakses di: Https://nawalaeducation.com/index.php/AI/article/view/192 5.

Sardiman, A. M. (2011). . Interaksi dan Motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sari, D. P. (2022), R., A. ,. &. . Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 45-60.

Sitompul, J., Suryadi, F. R., Putri, S. V., & G., G. (2023). . Peran Moderasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter dan Moral Peserta Didik. AL-IMAM: Journal on Islamic Studies, Civilization and Learning Societies, 4, 67–78. Https://doi.org/10.58764/j.im.2023.4.44.

Slamet Sholeh, Mimin Maryati, N. . Peran Guru PAI dalam Pembentukan karakter siswa.

Supardi. (2013). . Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryadi, T. (2023), ahmawati, D. ,. &. . Peran Guru PAI dalam Program Bimbingan dan Konseling Perkembangan untuk Membentuk Nilai Moral Siswa. ResearchGate.

Suryani, N. (2022), H., R. ,. &. . Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam dan Karakter, Universitas Mataram.

Susanto, A. (2018). Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Moral dan Keagamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(3), 78-92.

Syaifullah, M. (2019). Efektivitas Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 23-40.

Tamami, B. . (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Tarlim, 1(1), 21–23.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Universitas PGRI Palembang. (2023). . Keteladanan Guru sebagai Metode Pendidikan Karakter di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana, 5(1), 33-50.

Universitas PGRI Palembang. (2023). . Penerapan Program Pembiasaan untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana, 5(1), 33-50.

Wally, M. (2022). . Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam, 10(1), 70. Https://doi.org/10.33477/jsi.v10i1.2237.

Wibowo, A. (2021), L., N. ,. &. . Strategi Pembiasaan dalam Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(3), 78-91.

Widodo, S. (2023), R., A. ,. &. . Efektivitas Pembiasaan Religius dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 120-135.

Yuningsih, D., P., Q. ,. Faiz, A. ,. &. . (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118–4125. Https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1294.

Yusuf, H. (2023), A., M. ,. &. . Dampak Kajian Islam terhadap Kedisiplinan Siswa di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Studi Keislaman, 15(3), 102-115.

Zahwa, N., Y., D. K. ,. &. . (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. Https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.