Analisis Kesalahan dalam Menafsirkan Ayat-Ayat Al-Qur'an dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam untuk Siswa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. . (2012). Islam and Ideology in Education. Kuala Lumpur: ISTAC.
Al-Asfahani, R. . (2015). Al-Mufradāt fī Gharīb al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Ma‘rifah.
Al-Attas, S. M. N. . (1993). Islam and Secularism. Kuala Lumpur: ISTAC.
Al-Fairuzabadi, M. . (2005). Al-Qāmūs al-Muḥīṭ. Beirut: Dār al-Fikr.
Al-Faruqi, I., R. . (2012). Islamic Linguistics and Qur’anic Interpretation. Islamic Journal of Research, 15(3), 99-113.
Al-Ghazali, A. . (2004). Maqāṣid al-Falāsifah. Beirut: Dār al-Ma‘rifah.
Al-Munawar, A. . (2017). Bias Ideologi dalam Penafsiran Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 9(3), 187-209.
Al-Qaradawi, Y. (t.t.-a). (2010). Fiqh al-Dawlah fī al-Islām. Cairo: Maktabah Wahbah.
Al-Qaradawi, Y. (t.t.-b). (2011). Al-Kitāb wa al-Sunnah fī al-Fiqh al-Islāmī. Cairo: Maktabah Wahbah.
Al-Qurṭubī, A. . (2006). Al-Jāmi‘ li Aḥkām al-Qur’ān. Cairo: Dār al-Ḥadīth.
Al-Qurtubi, M. . (2006). Tafsīr al-Qurṭubi. Cairo: Dār al-Kutub al-Miṣriyyah.
Al-Rāzi, F. . (2008). Mafātīḥ al-Ghayb (Tafsir al-Kabir). Beirut: Dār al-Fikr.
Al-sayuti, J. . (2003). Al-Itqān fī ‘Ulūm al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Al-Tabari, M. (t.t.-a). (2000). Jāmi‘ al-Bayān fī Tafsīr al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Al-Tabari, M. (t.t.-b). (2000). Jāmi‘ al-Bayān fī Ta’wīl al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Fikr.
Al-Ṭabari, M. . (2001). Jāmi‘ al-Bayān fī Ta’wīl al-Qur’ān (Vol. 2). Beirut: Mu’assasah al-Risālah.
Al-Zurqani, M. . (2005). Manāhil al-‘Irfān fī ‘Ulūm al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Amrullah, M. N., J., I. ,. . (2018). Bentuk-Bentuk Pesan Dakwah Dalam Kajian Al-Qur’an. Jurnal Komunikasi Islam, 8(1), 41–66.
Anwar, A. (t.t.-a). (2018). Kesalahan Linguistik dalam Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 10(2), 145-160.
Anwar, M. (t.t.-b). (2018). Kesalahan Linguistik dalam Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 25(1), 45-60.
Baidan, N. . Metodologi Penafsiran al-Quran (1998) dan Tafsir bi al-Ray (Upaya penggalian Konsep wanita dalam al-Quran) kemudian Wawasan Baru Ilmu Tafsir dan Solusi Qur’ani Terhadap Berbagai Permasalahan Sosial Kontemporer. Nashruddin Baidan, Rekonstruksi Ilmu Tafsir, (Jakarta: PT Dana Bhakti Prima Yasa, 2000), p. 107.
Fadhil, R. (t.t.-a). (2021). Dampak Kesalahan Tafsir dalam Buku Ajar PAI. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 78-95.
Fadhil, R. (t.t.-b). (2021). Kesalahan Kontekstual dalam Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 25(2), 78-95.
Fadhil, R. (t.t.-c). (2021). Kesalahan Linguistik dalam Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 25(2), 56-72.
Fadhil, R. (t.t.-d). (2021). Kesalahan Metodologis dalam Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 25(2), 78-95.
Fadilah, N., B., M. M. E. I. ,. . (2019). Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 1–25.
Fathurrahman, A. . (2020). Pemahaman Ayat-Ayat Mutasyābihāt dalam Studi Tafsir Klasik dan Kontemporer. Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Hadis, 7(1), 65-89.
Gusmian, I. . Khazanah Tafsir Indonesia dari Hermeneutika hingga Ideologi, (Yogyakarta, LKiS, 2013).
Hakim, L. . (2016). Pendekatan Tafsir dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 30-50.
Harun, M. . (2018). Tafsir Ayat Mutasyābihāt dalam Perspektif Ulama Tafsir. Jurnal Studi Islam, 13(2), 112-135.
Hasibuddin, H., N., A. ,. Shamad, I. ,. . (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SDN 24 Maros. Journal of Gurutta Education, 2(2), 78–97.
Hassan, M. . (2016). Evaluasi Kurikulum dan Buku Ajar PAI. Journal of Islamic Studies, 30(3), 200-215.
Heri Gunawan, D. A. G. . Studi Islam Suatu Pengantar Dengan Pendekatan Interdisipliner, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015), pp. 105-106.
Ibn Kathīr, I. . (2003). Tafsir al-Qur’an al-‘Aẓīm (Vol. 1). Riyadh: Dār Ṭayyibah.
Ibn Manẓūr, L. . (2003). Lisān al-‘Arab (Vol. 7). Beirut: Dār Ṣādir.
Kholil, M. . (2019). The Influence of Israiliyyat in Quranic Exegesis. Journal of Islamic Studies, 30(2), 157-180.
K.N, U. . (2022). Memahami Al-Qur’an di masa post truth. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Mahmudi, T. . (2022). Kajian Akademik terhadap Buku Ajar PAI. Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 90-105.
Musthofa, A. . (2019). Metodologi Tafsir: Prinsip dan Aplikasinya. Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 5(2), 120-135.
N, A. . (2017). Faktor-Faktor Penyebab Penyimpangan dalam Penafsiran Al-Quran. Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(1), 1-30. Https://media.neliti.com/media/publications/285122-faktor-faktor-penyebab-penyimpangan-dala-7d39f6ca.pdf.
Nasr, S. H. . (2015). The Study Quran: A New Translation and Commentary. New York: HarperOne.
Nassution, S. (t.t.-a). (2020). Kesalahan Kontekstual dalam Tafsir Ayat Al-Qur’an. Journal of Quranic Studies, 18(2), 130-150.
Nassution, S. (t.t.-b). (2020). Kesalahan Metodologis dalam Tafsir Ayat Al-Qur’an. Journal of Quranic Studies, 18(2), 130-150.
Nasution, H. (t.t.-a). (2018). Pendekatan Linguistik dalam Studi Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Ulumul Qur’an, 13(1), 55-78.
Nasution, H. (t.t.-b). (2019). Asbāb al-Nuzūl dan Implikasinya dalam Tafsir Kontemporer. Jurnal Ilmu Tafsir, 12(1), 55-78.
Pilo, N., S., S. ,. Hasibuddin, H. ,. . (2023). Kemampuan Guru Menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas di UPT SPF SDN Melayu Muhammadiyah Kota Makassar. Journal of Gurutta Education, 2(2), 1–17.
Rahman, F. . (2019). Tafsir Kontekstual dan Tantangan Pendidikan Islam. Islamic Thought Journal, 11(4), 60-80.
Rahman, F. . (2020). Tafsir Kontekstual dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 67-90.
Rahman, M. (t.t.-a). (2017). Makna dan Sinonim dalam Bahasa Arab: Studi dalam Konteks Tafsir. Jurnal Ilmu Tafsir, 5(2), 45-60.
Rahman, M. (t.t.-b). (2017). Metodologi Tafsir dalam Buku Ajar PAI. Jurnal Ilmu Tafsir, 5(2), 23-39.
Ridwan, T. . (2022). Mazhab dalam Tafsir: Sebuah Kajian Komparatif. Jurnal Ilmu Islam, 15(1), 99-120.
S, P. . (2019). Penyimpangan dalam Tafsir Al-Qur’an. Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam, 15(2), 297-318. [Https://journal.alhikmahjkt.ac.id/index.php/HIKMAH/article/download/138/102](https://journal.al.
Salim Hasan, R., Ahmad Hakim. . Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMA Negeri 15 Makassar.
Setiawan, B. A., P., B. ,. Rofi. . (2018). Penguatan nilai ketauhidan dalam praksis pendidikan islam. JIE (Journal of Islamic Education), 3(1), 1–15.
Shihab, M. Q. (t.t.-a). (2007). Tafsir Al-Misbah. Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (t.t.-b). (2007). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Syahrul, R. . (2020). Metode Tafsir Bil-Ra’yi dan Pengaruhnya terhadap Pemahaman Al-Qur’an. Jurnal Islam Nusantara, 9(2), 78-95.
Syamsuddin, M. . (2021). Metodologi Tafsir dan Penerapan dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam, 19(1), 89-110.
Syarifuddin, M. . (2019). Pengaruh Kesalahan Terjemahan dalam Pemahaman Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Ilmu Tafsir, 14(2), 125-145.
Taimiyyah, I. . (1999). Muqaddimah fi Usul al-Tafsir. Dar al-Fikr.
Refbacks
- There are currently no refbacks.