Evaluasi Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alfian, M., Hasibuan, M. A., & Ratonggi, R. (2024). Peranan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Sipirok, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 219–236. https://doi.org/10.71153/wathan.v1i3.116
Arikarani, Y., Suradi, S., Ngimadudin, N., & Wulandari, Y. (2025). Pendidikan Agama Islam Multikultural: Konsep, Nilai dan Praktiknya di Lingkungan Madrasah. Ej, 7(2), 233–254. https://doi.org/10.37092/ej.v7i2.993
Arisanti, R., & Sauri, S. (2022). Analisis Kebijakan Program Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Partisipasi Orang Tua dan Masyarakat. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(1), 103–124. https://doi.org/10.47467/mk.v22i1.2061
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Brutu, D., Annur, S., & Ibrahim, I. (2023). Integrasi Nilai Filsafat Pendidikan Dalam Kurikulum Merdeka Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jambura Journal of Educational Management, 4(2), 442–453. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jjem.v4i2.3075
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research ((4th ed.)). Pearson Education.
Damayanti, D. R. A., & Ridwan, A. (2024). Perubahan Sosial dan Pendidikan dalam Peran Guru PAI di Era Digital. Social Studies in Education, 2(2), 123–138. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/sse.2024.2.2.123-138
Diannisa, R., Hutabarat, N., Tasari, R., Anugrah, N. Z., & Mudasir, M. (2024). Konsep dan Desain Evaluasi Kurikulum di Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(6). https://doi.org/https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jikm/article/view/3254
Efendi, M., Asha, L., & Wanto, D. (2024). MENGURAI TANTANGAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH: TINJAUAN DARI INPUT-PROSES-OUTPUT. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 240–254. https://doi.org/10.24252/edu.v3i2.43721
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25
Ernawati, E., Ramli, A., & Hasan, M. T. A.-Z. (2023). Implementasi PAI dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Society. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.21093/bjie.v3i1.6260
Fauzi, M. N. (2023). Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1661. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2688
Hakim, M. N., & Abidin, A. A. (2024). Platform Merdeka Mengajar: Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Vokasi dan Pengembangan Guru. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 68–82. https://doi.org/10.59373/kharisma.v3i1.47
Hilmin, H. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 37–45. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.24478
Himmah, U., & Fadriati, F. (2023). Analisis Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Basicedu, 7(6), 3931–3938. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6445
Ihsan, F. A., Lestari, A. D., Ratih, I. S., & Fitri, F. (2025). Kelemahan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Indonesia: Penyebab dan Solusi. Mesada: Journal of Innovative Research, 2(1), 262–274. https://doi.org/https://ziaresearch.or.id/index.php/mesada/article/view/56
Irmawati, I. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Kurikulum PAI. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 1743–1757. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5421
Islam, S. (2017). KARAKTERISTIK PENDIDIKAN KARAKTER; MENJAWAB TANTANGAN MULTIDIMENSIONAL MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 1(2), 89–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.50
Julaen, J., Supardi, S., & Lubna, L. (2024). Strategi Evaluasi Kurikulum PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama islam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1617–1624. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2386
Khabib, M. A., Risdiyanto, H., Rambas, J. D., Romlah, R., Arifin, Z., & Rohman, S. (2024). Penerapan Pendekatan Sistem Pembelajaran dalam Organisasi Pendidikan Islam. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 120–139. https://doi.org/10.58577/dimar.v6i1.318
Khamim, S., Sesmiarni, Z., Siregar, N., Dasopang, H. R., & Lindra, A. (2024). Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Untuk Mendorong Internalisasi Nilai Moderasi di Perguruan Tinggi Umum (Studi pada Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo). NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(2), 376–404. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.524
Khasanah, S., Yahya, M. D., Rindihastuti, A., Fauziyah, A. N., Arzaqi, M. Y., & Zaman, B. (2024). Analisis Pengembangan Kurikulum pada Pendidikan Agama Islam. Journal of Instructional and Development Researches, 4(6), 574–586. https://doi.org/10.53621/jider.v4i6.424
Kosasih, M., Zikrulloh, M., & Kartika, I. (2025). Tantangan dan Peluang Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital Di MAN 7 Depok. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 4(1). https://doi.org/10.56672/attadris.v4i1.454
Lestari, D., Budianti, Y., & Rifai, M. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PAI BERBASIS NILAI-NILAI AKHLAK AL-KARIMAH UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA. Research and Development Journal of Education, 9(2), 1159. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.16259
Marunduri, A. W., & Wirdati, W. (2021). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum 2013. Tadzakka: Jurnal Pembelajaran Agama Islam, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/00114801
MASKUR, M. (2023). DAMPAK PERGANTIAN KURIKULUM PENDIDIKAN TERHADAP PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172
Miswanto, M., Halim, A., & Ali, D. (2024). Membangun Pendidikan Islam Berkualitas melalui Pembaharuan Kurikulum di SD Muhammadiyah Plus Kota Batam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 823–834. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.511
Murzal, M. (2018). NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH (Studi Terhadap Upaya Membina Karakter Siswa di SMKN 1 Gerung Kec. Gerung Kab. Lombok Barat). Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 6(2), Kalam J. Agama Dan Sos. Hum. https://doi.org/https://www.lsamaaceh.com/journal/index.php/kalam/article/view/47
Nasution, J. E. (2021). Kurikulum PAI Di Dalam Pusaran Revolusi Industri 4th.0 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional: Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36378/prosidinguniks.v0i0.1896
Noer, S., & S.A.P, R. S. (2023). Kebijakan Pemerintah dalam Peningkatan Kualitas Mutu Guru Pendidikan Agama Islam; Analisis Sistematik Literatur Review. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 4(2), 165–195. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v4i2.520
Nurafni, K., Saguni, F., & Hasnah, S. (2022). Pengaruh Kinerja Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 44–68. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.901
Patton, M. Q. (2002). Qualitative research and evaluation methods ((3rd ed.)). Sage Publications.
Pratama, A., Pahrudin, A., Jatmiko, A., & Koderi, K. (2024). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PENDIDIKAN DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19745
Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 221–239. https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.948
Rangkuti, M. H., & Albina, M. (2025). Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(1), 358–366. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.829
Rohman, T., Ilyasin, M., & Muadin, A. (2024). Kontribusi Islam terhadap Perkembangan Pendidikan Islam dalam Era Industri 4.0. Journal of Instructional and Development Researches, 4(6), 486–498. https://doi.org/10.53621/jider.v4i6.406
Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113. https://doi.org/10.29210/1202121176
Rusmani, M. A., & Arifmiboy, A. (2023). Evaluasi Kurikulum. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(3), 410–415. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i3.160
SALIM, M. A., ARKANUDIN, A., & MAULIDIN, S. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK: STUDI DI SMP AL-KAMAL JAKARTA. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 4(3), 148–161. https://doi.org/10.51878/teacher.v4i3.4300
Salsabila, U. H., Rifki, M., Oktavianda, T., Annisa, & Fauzan Abid, D. (2024). Integrasi Teknologi Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 136–147. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i1.133
Sapruddin, S. (2025). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi di Era Digital. JIEP : Journal of Islamic Education and Pedagogy, 2(01), 32–43. https://doi.org/10.62097/jiep.v2i01.2158
Saragih, P. (2025). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Komprehensif, 3(1), 186–193. https://doi.org/https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/komprehensif/article/view/1384
Sari, R. P., Solihah, A., & Sabaruddin, S. (2024). EVALUASI EFEKTIVITAS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMKN 2 DEPOK. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 493–506. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i1.3428
Sayuti, S., Zakaria, N., & Widyastuti, H. (2024). Strategi Intergrasi Teknologi Digital Dalam Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Sekolah. Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 8–18. https://doi.org/https://ejournal.stitalkhairiyah.ac.id/index.php/adzzikr/article/view/196
Setiawati, D. T., Halimah, S., & Budiyanti, Y. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI. Research and Development Journal of Education, 10(1), 169. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.21144
Solechan, S., Afif, Z. N., Sunardi, S., & Masrufa, B. (2023). Pelatihan dan pendampingan tentang strategi Kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi Guru bidang profesional Di SMA Primaganda Jombang. An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.54437/annafah.v1i2.1269
Sulastri, E., & Barokah, R. (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL: MENJAWAB TANTANGAN ZAMAN. Maktabah Borneo, 3(2), 53–62. https://doi.org/https://jurnal.maktabahborneo.id/index.php/mb/article/view/56
Sumarni, S. (2017). EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MADRASAH. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.453
Wahyudi, A., & Aprianto, D. (2023). INTEGRASI MANAJEMEN KURIKULUM, PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU, DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 4414–4424. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.30950
Yusuf, M., & Hamami, T. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Menyiapkan Peserta Didik dalam Menghadapi Tes Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6(2), 3012–3024. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2571
Zulkifli, Z., & Muhammad, M. (2023). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Indonesia (Telaah Kurikulum PAI Pra Kemerdekaan hingga Kurikulum Merdeka). JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(2), 142–161. https://doi.org/10.33507/pai.v2i2.1146
Refbacks
- There are currently no refbacks.