Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam

Umi Kalsum

Abstract


Mahasiswa memiliki tingkat pemahaman materi yang berbeda-beda, termasuk dalam memahami materi Pendidikan Islam yang bersifat motorik dengan menggunakan metode ceramah. Terkadang mahasiswa merasa kesulitan untuk menangkap apa yang dipaparkan oleh dosen. Terutama pada materi yang kompleks seperti materi fiqih dan materi yang panjang seperti sejarah budaya Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan yang dikumpulkan dari buku-buku dan jurnal. Sebagai hasil dari penelitian ini dengan perkembangan teknologi, akses media audiovisual dalam pembelajaran menjadi lebih mudah. Situs yang paling populer yang menyediakan akses media audiovisual adalah youtobe. Peran pendidik dalam pemutaran video pembelajaran sebagai pembimbing. Sehingga dengan media ini dapat membentuk efektivitas pembelajaran mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2025). Media Pembelajaran PAI. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aminuddin, Rosyad. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: OHAMKA per.

Dwisalma,Prawiladilaga. (2007). Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta:Kencana.

E, Mulyasa .(2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakter dan Implementasi Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yunus, Muhammad.(1942). At Tarbiyah wa at Taa’lim. Surabaya:Al-Hidayah

Oemar, Hamalik. (1994). Media Pendididkan . Bandung: Citra Aditya.

Rudi Susila dan Cepi Riyana. (2008) . Media Pembelajaran . Bandung: CV. Wacana Prima.

Noer Hary, Aly. (1999). Ilmu Pendidikan Islami . Jakarta:Pilogos.

Sumiati dan Asra.(2007). Metode Pembelajaran . Bandung: CV .Wacana Prima.

Wina, Sanjaya. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suwardi .(2007). Manajemen Pembelajaran . Surabaya:Temprina Media Grafika.

Prupuh Faturrohman ,dan Sutino Shobri . (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Refika Aditama .

Arsyad, Azhar.(2004). Bahasa Arab dan Metode Pembelajarannya . Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Usman ,M.Basyiruddin dan Asnawir .(2002). Media Pembelajaran PAI. Jakarta: Ciputat Pers.

Daradjat, Zakiyah.(2011). Ilmu Pendidikan Islam . Jakarta: PT Bumi Aksara.

Anwar, Syaiful .(2014). Desain Pendidikan Agama Islam Konsepsi dan Alikasinya dalam Pembelajarasn di Sekolah. Yogyakarta: Idea Press.

Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Ramli, Muhammad .[2012). Media dan Teknologi. Banjarmasin: IAIN Antasari Press,cet II.

Asrofi.M. (2008). Minat dan motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur,7(10).

Amelia.D. (2021). Media Pembelajaran Audiovisual:Literatur Riview. 10(1).

Hardianto. (2011). Media Pembelajaran Dalam Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).

Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual dengan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. 14(2). Manshur,U. & Ramdlani , M. (2019). Media Audiovisual dalam Pembelajaran PAI.

Nuryana, Z. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Agama Islam. Tamaddun, 19(1).

Salim, S., Anwar, K., dan Kuncoro, A.T. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan untuk Mendukung Layanan Pendidikan Daring, Prosiding SENAM.

Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar pada Sisswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2).

Sunami, M.A. dan Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar PAI Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940- 1945. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view.

Romdhon, A.(2011). Penggunaan Media Audiovisual Dan Strategi Pembelajaran Peta Konsep (Concept Mapping) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok. IAIN Walisongo, 7- 31. http://eprients.walisongo.ac.id/id/eprient/2188.

Danizar, Arwudarachman, Dkk.(2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Senirupa 3(3).

Irmadhani Rizki, Dkk.(2019). Penggunaan Media AudioVisual Dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran PAI Materi Puasa di Kelas V SDN Karang Besuki 3 Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Pendidikan Islam 4(2).

Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21- 30. https//doi.org/10.31004/basicedu.v1il.149.

Handayani, F.,Ruswandi, U., dan Arifin,B.S.(2021). Pembelajaran PAI di SMA:(Tujuan, Materi, metode, dan evaluasi). Jurnal Al- Qiyam, 2(1), 93- 101. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v2il.120.

Triyadi, S.(2015). Efektivitas Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan keterampilan Menyimak Siswa pada mata Pelajaram Pendidikan Bahasa Indonesia. Judika ( Jurnal Pendidikan Unsika, 3(2). https://doi.org /10.35706/judika.v3i2.215.

Saputro, K.A.,Sari. C.K., & Winarsi, S.W.(2021). Peningkatan Keterampilan Membaca

Dengan Menggunakan media Audiovisual di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal ILmu Pendidikan,3(5),1910-1917. https://doi.org/10.35706/judika.v3i2.215.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.