Studi tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik

Rabiatul Rabiatul

Abstract


This study examines the role of Islamic Religious Education (PAI) teachers in shaping students' character using the library research method. PAI teachers play a crucial role in instilling moral and spiritual values in students to help them become individuals with noble character. This study was conducted by reviewing various literature, journals, and books related to character education from an Islamic perspective. The findings indicate that PAI teachers act as educators, mentors, and role models in daily life. The strategies used include value-based teaching methods, exemplary approaches, and the integration of Islamic values into school life. These findings emphasize that character development can be effectively achieved through comprehensive religious education and the active role of PAI teachers in teaching and guiding students. Therefore, strengthening the role of PAI teachers is essential in shaping a generation with noble character in accordance with Islamic teachings.Islamic Religious Education Teacher, Student Character, Character Education, Library Research Method, Islamic Values. AbstrakPenelitian ini membahas peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter peserta didik dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Guru PAI memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual kepada siswa agar mereka menjadi individu yang berakhlak mulia. Studi ini dilakukan dengan mengkaji berbagai literatur, jurnal, dan buku yang berkaitan dengan pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai pendidik, pembimbing, serta teladan dalam kehidupan sehari-hari. Strategi yang digunakan mencakup metode pembelajaran berbasis nilai, pendekatan keteladanan, serta integrasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sekolah. Temuan ini menegaskan bahwa pembentukan karakter peserta didik dapat dicapai secara efektif melalui pendidikan agama yang komprehensif dan peran aktif guru PAI dalam mendidik serta membimbing siswa. Oleh karena itu, penguatan peran guru PAI sangat penting dalam mewujudkan generasi yang berakhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam.Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Peserta Didik, Pendidikan Karakter, Metode Kepustakaan, Nilai Islam. rrabiatul254@gmail.com 

Full Text:

PDF

References


Agustin, N. (2021). (t.t.). Peran guru membentuk karakter siswa (Antologi esai mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar).

Amiruddin, A., & Sari, D. R. (2023). (t.t.). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 120-134. Dapat diakses di: Https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/8918.

Amri, Sofan. 2013. (t.t.). Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Bafirman,2016. (t.t.). Pembentukkan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Penjasorkes. Jakarta: Kencana.

Baisa, H., F., M. H. ,. &. (t.t.). (2018). Konsep kepribadian muslim muhammad iqbal perspektif pendidikan islam sebagai upaya pengembangan dan penguatan karakter generasi milenial. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(4), 557–558.

Darmadi, H, 2016. (t.t.). Tugas, Peran, Kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru professional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.

Fadilah, A. (2021). (t.t.). Strategi Guru PAI dalam Menginternalisasi Nilai-Nilai Agama kepada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Jakarta.

Gunawan, 2012, H. (t.t.). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Haeruddin, Mustabsyirah, Muh. J., Aso Arjum. (t.t.). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral.

Haniyyah, Z., & Indana, N. (2021). (t.t.). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 75–86. Https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna%0APERAN.

Herlina, L. (2019). (t.t.). Pengaruh Lingkungan terhadap Prestasi Belajar Siswa. Kompasiana.

Hidayat, R. (2023), S., D. P. ,. &. (t.t.-a). Implementasi Pembiasaan dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama pada Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(1), 102-115.

Hidayat, R. (2023), S., D. P. ,. &. (t.t.-b). Strategi Keteladanan Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(1), 102-115.

Jurnal Didaktik STKIP Subang (2022). (t.t.). Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Interaksi dan Kesejahteraan Pelajar.

Lestari, N. (2021). (t.t.). Pesantren Kilat sebagai Sarana Pembentukan Karakter Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter Islam, 8(1), 78-91.

Manizar, E. 2015. (t.t.). Peran Guru Sebagai Motivator dalam Belajar. Jurna Tadrib.

Marlinda, R. (2022). (t.t.). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Siswa di SMP N 17 Lebong. Skripsi, IAIN Curup.

Mawarni, A. (2023), A., F. D. ,. Syakur, A. ,. &. (t.t.). Pengaruh Media Sosial terhadap Nilai Moral dan Etika Generasi Muda. Jurnal Indigenous, Universitas Sebelas Maret.

Maylisa, D. (2021). (t.t.). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik di SMP Negeri 1 Metro. Skripsi, IAIN Metro. Dapat diakses di: Https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3618.

Mulyasa, E. 2011. (t.t.). Menjadi Guru Profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murni, I. (2021), M., Neviyarni, &. (t.t.). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan moral peserta didik sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 49. Https://doi.org/10.29210/02928jpgi0005.

Normalinda, N. (2023). (t.t.). Upaya Guru dalam Memberikan Pendidikan Moral. Kompasiana.

Nurrochman, C. (2023). (t.t.). Sinergi Peran Guru, Orang Tua, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Siswa. Kompasiana.

Octaviani, N., Darmiyanti, A., & B. K., M. T. (t.t.). (2022). Upaya Penanganan Tindakan Bullying melalui Penerapan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas VII di MTs Al-Ikhlas Proklamasi Karawang. Fondatia, 6(3), 513–525. Https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2024.

Oktavia, A., & Rahman, R. (2021). (t.t.). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 7 Payakumbuh.

Oktavia, D., & Rahman, A. (2021). (t.t.). Kurangnya Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal of Basic Education.

Perdana, N. S. (t.t.). (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). Https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358.

psikologi.uma.ac.id. (2022). (t.t.). Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. (2022). Kurangnya Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Anak.

Putri, R., & Andrian, D. (2020). (t.t.). Pengaruh Media Sosial terhadap Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Pancasila pada Generasi Z. Jurnal Ilmiah, Neliti.

Rahmah, R. (2023). (t.t.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Journal on Education, 5(4), 16379–16385. Https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2791.

Rahman, M. A. (2022). (t.t.). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Islam dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah. Jurnal Ikhlas, 5(2), 45-56. Dapat diakses di: Https://ejournal.aripafi.or.id/index.php/Ikhlas/article/view/131.

Rahman, R. (2021), B., I. M. S. ,. &. (t.t.). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius. An-Nuha, 1(4), 573–583. Https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.135.

Rahmawati, S. (2022), H., M. ,. &. (t.t.-a). Peran Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 45-58.

Rahmawati, S. (2022), H., M. ,. &. (t.t.-b). Peran Pembiasaan dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 45-58.

Rohman, F. (t.t.). (2019). Strategi Pembelajaran PAI. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU JEPARA.

Santoso, B. (2023), H., R. ,. &. (t.t.-a). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa. Jurnal Irsyaduna, 4(1), 78-90.

Santoso, B. (2023), H., R. ,. &. (t.t.-b). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Globalisasi. Nawala Education Journal, 4(1), 78-90. Dapat diakses di: Https://nawalaeducation.com/index.php/AI/article/view/192 5.

Sardiman, A. M. (2011). (t.t.). Interaksi dan Motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sari, D. P. (2022), R., A. ,. &. (t.t.). Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 45-60.

Sitompul, J., Suryadi, F. R., Putri, S. V., & G., G. (2023). (t.t.). Peran Moderasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter dan Moral Peserta Didik. AL-IMAM: Journal on Islamic Studies, Civilization and Learning Societies, 4, 67–78. Https://doi.org/10.58764/j.im.2023.4.44.

Slamet Sholeh, Mimin Maryati, N. (t.t.). Peran Guru PAI dalam Pembentukan karakter siswa.

Supardi. (2013). (t.t.). Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryadi, T. (2023), ahmawati, D. ,. &. (t.t.). Peran Guru PAI dalam Program Bimbingan dan Konseling Perkembangan untuk Membentuk Nilai Moral Siswa. ResearchGate.

Suryani, N. (2022), H., R. ,. &. (t.t.). Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam dan Karakter, Universitas Mataram.

Tamami, B. (t.t.). (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Tarlim, 1(1), 21–23.

Universitas PGRI Palembang. (2023). (t.t.). Keteladanan Guru sebagai Metode Pendidikan Karakter di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana, 5(1), 33-50.

Universitas PGRI Palembang. (2023). (t.t.). Penerapan Program Pembiasaan untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana, 5(1), 33-50.

Wally, M. (2022). (t.t.). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam, 10(1), 70. Https://doi.org/10.33477/jsi.v10i1.2237.

Wibowo, A. (2021), L., N. ,. &. (t.t.). Strategi Pembiasaan dalam Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(3), 78-91.

Widodo, S. (2023), R., A. ,. &. (t.t.). Efektivitas Pembiasaan Religius dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 120-135.

Yuningsih, D., P., Q. ,. Faiz, A. ,. &. (t.t.). (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118–4125. Https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1294.

Yusuf, H. (2023), A., M. ,. &. (t.t.). Dampak Kajian Islam terhadap Kedisiplinan Siswa di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Studi Keislaman, 15(3), 102-115.

Zahwa, N., Y., D. K. ,. &. (t.t.). (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. Https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.