Filsafat Pendidikan Islam: Konsep Pendidikan Holistik dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afifah, R., Nurjaman, U., & Fatkhulloh, F. K. (2022). Implementation of the Vision of Education Based on Religion, Philosophy, Psychology and Sociology in Islamic Education Institutions. Al Qalam: Religious and Social Scientific Journal, 16(3), 936. https://doi.org/10.35931/aq.v16i3.973
Ahmad, A. (2022). Emanation Theory According to Figures in Greek Philosophy and Islamic Philosophy. Scientific Journal of Education and Preaching, 15(30), 43–49. https://doi.org/10.58900/jiipk.v15i30.24
Aini, N. N., & Prastowo, A. (2022). Internalization of Religious Pluralism in Islamic Education. Andragogy: Journal of Islamic Education and Islamic Education Management, 3(3), 303–311. https://doi.org/10.36671/andragogi.v3i3.229
Alfatih, H. M. (2023). Transformation of Education in Islam: Exploring the Philosophy of Islamic Education in the Modern Era. PERCEPTIVE: Journal of Social Sciences and Humanities, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.62238/perseptifjurnalilmusosialdanhumaniora.v1i1.23
Andreani, A. R., Salminawati, S., & Usiono, U. (2023). The Personality of Muslim Educators in the Perspective of Islamic Education Philosophy. Bilqolam Journal of Islamic Education, 4(2), 130–139. https://doi.org/10.51672/jbpi.v4i2.242
Bahri, S. (2017). World View Pendidikan Islam Tentang Pembentukan Karakter Peserta Didik Yang Holistik Dan Integratif. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 179–212.
Brutu, D., Annur, S., & Ibrahim, I. (2023). Integrasi Nilai Filsafat Pendidikan Dalam Kurikulum Merdeka Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jambura Journal of Educational Management, 442–453.
Fathurohim, F. (2023). Kurikulum merdeka dalam perspektif filsafat pendidikan Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(2), 184–194.
Fauziah, S. S., Wijayanti, I., Hikmatiar, Z., Syahidin, S., & Parhan, M. (2024). Harmonisasi Pendidikan Ruh, Akal, dan Badan dalam Filsafat Pendidikan Islam: Mencapai Kesempurnaan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(2), 296–309.
Husna, S., Hikmah, N., & Sari, H. P. (2024). Relevansi Filsafat Pendidikan Islam dengan Tantangan Globalisasi dalam Pembentukan Karakter Muslim. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 1(4), 8–20.
Hussin, H., & Mukarromah, M. (2019). Filsafat Pendidikan Islam Dalam Perspektif Holistic Learning. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 76–87.
Karomah, W. (2024). Relevansi Pemikiran Filsafat Ibnu Tufail Terhadap Pendidikan Holistik Dalam Pembentukan Karakter Di Era Kontemporer. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 76–94.
Lubis, N., & Albina, M. (2024). Hakikat Kurikulum dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam. Kognisi: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Konseling, 1(01).
Nurhapipah, S., & Rusli, R. K. (2025). Tinjauan Implementasi Filsafat Pendidikan Islam di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 4(3), 1938–1947.
Primarni, A. (2016). Pendidikan holistik: format baru pendidikan Islam membentuk karakter paripurna. Al Mawardi Prima.
Ramadhani, N., Lubis, N. I., & Sari, H. P. (2024). Peran Filsafat Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter dan Identitas Peserta Didik: Analisis Konseptual dan Praktis. SURAU: Journal of Islamic Education, 2(2), 144–155.
Sania, F. (2025). Pola Relasi Antara Peserta Didik dan Pendidik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam Kontemporer. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 9(3), 496–504.
Subiantoro, A., & Mansur, R. (2025). Eksplorasi Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan Islam: Konsep, Tokoh, dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JURNAL ILMU PENDIDIKAN & SOSIAL (SINOVA), 3(1), 103–114.
Sudrajat, A., & Sufiyana, A. Z. (2020). Filsafat Pendidikan Islam Dalam Konsep Pembelajaran Holistik Pendidikan Agama Islam. Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 38–47.
Syahid, N. (2024). Konsep pendidikan holistik dalam filsafat pendidikan Islam: Studi atas pengembangan konsep pendidikan yang berbasis pada akal, hati, dan fisik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 1186–1196.
Tarigan, M., Maulana, S., & Lubis, N. A. (2024). Filsafat pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 544–554.
Yasyakur, M., Sirojuddin, K., Wartono, W., & Arijulmanan, A. (2021). Perenialisme Dalam Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 321–338.
Zahra, A. T., & Anwar, S. (2024). Tugas dan Kewajiban Peserta Didik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Kontekstual dan Praktis dalam Pembelajaran. AHDÃF: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 114–125.
Refbacks
- There are currently no refbacks.