Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Toleransi Antar Umat Beragama di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Z. N., & Azani, M. Z. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2057-2068. https://doi.org/10.58230/27454312.670
Alfiani, I., & Ismaraidha, I. (2024). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Pada Siswa SMA Gajah Mada Binjai. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(2), 1470-1488. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9585
Arikarani, Y., Suradi, S., Ngimadudin, N., & Wulandari, Y. (2025). Pendidikan Agama Islam Multikultural: Konsep, Nilai dan Praktiknya di Lingkungan Madrasah. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 7(2), 233-254. https://doi.org/10.37092/ej.v7i2.993
Armayanto, H., Dzulhadi, Q. N., & Ulfa, M. (2023). Antara Kebebasan Beragama dan Murtad dalam Islam: Analisis terhadap Surah Al-Baqarah Ayat 256: Between Freedom of Religion and Apostasy in Islam: Analysis of Surah Al-Baqarah Verse 256. Journal of Islamic and Occidental Studies, 1(1), 113-135. https://doi.org/10.21111/jios.v1i1.9
Fatwa, N. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi Digital Di Smkn 1 Kalianda (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG). https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34665
Halim, A., & Akbar, M. R. (2022). Toleransi dan Kebebasan dalam Mendirikan Rumah Ibadah sebagai Aktualisasi Moderasi Beragama. Al-Wasatiyah: Journal of Religious Moderation, 1(1), 84-104. https://doi.org/10.30631/jrm.v1i1.5
Hasan, M. (2021). Prinsip moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(02), 110-123. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/104
Hasana, F. D., & Nugraha, D. M. (2021). Pentingnya Sikap Toleransi Di Masa Pandemi Covid-19. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 6(2), 94-100. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i2.46734
Hidayatullah, R., & Ubabuddin, U. (2025). Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural. ILJ: Islamic Learning Journal, 3(1), 26-45. https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v3i1.2016
Irwansyah, I., Aziz, A., & Mawaddah, R. (2024). Implikasi Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Peserta Didik (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Sialang Buah). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 9911-9919. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.9040
Ishak, I. (2021). Karakteristik Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan. FiTUA: Jurnal Studi Islam, 2(2), 167-178. https://doi.org/10.47625/fitua.v2i2.316
Junaedi, E. (2022). Moderasi Beragama Dalam Tinjauan Kritis Kebebasan Beragama. Harmoni, 21(2), 330-339. https://doi.org/10.32488/harmoni.v21i2.641
Kamila, A. (2023). Pentingnya pendidikan agama Islam dan pendidikan moral dalam membina karakter anak sekolah dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 321-338. https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan/article/view/535
Khanifah, N. (2024). Tantangan Dan Peluang Pendidikan Agama Islam Terhadap Kenakalan Remaja Di Era Digital. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6). https://doi.org/10.62281/v2i6.447
Laskar, P. S. (2022). Sikap Toleransi Antara Siswa Beda Agama Studi Kasus Di SMA Xaverius Kabupaten Pringsewu (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21459
Mufaizah, M., Masfufah, M., Retno, R., & Salwa, F. (2024). Mengembangkan Critical Thingking Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13425-13434. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.25482
Munawaroh, A. A. F. (2022). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami (Studi Kasus Siswa Smkn 10 Samarinda). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10357-10363. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10033
Muthmainnah, M. (2021). Konsep Toleransi Beragama Dalam Al-Quran Perspektif Buya Hamka Dan Thoifur Ali Wafa. Bayan lin-Naas: Jurnal Dakwah Islam, 5(1), 1-20. http://dx.doi.org/10.28944/bayanlin-naas.v5i1.246
Nasution, A. F. (2023). Metode penelitian kualitatif. http://repository.uinsu.ac.id/19091/1/buku%20metode%20penelitian%20kualitatif.Abdul%20Fattah.pdf
Ningsih, E. F., Setiawan, F., & Ningsih, S. R. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pembentukan Sikap Toleransi Umat Beragama Kepada Peserta Didik. JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 3(1), 97-104. https://pdfs.semanticscholar.org/a355/d7105a6f455d5bd989270b0c18ce64a6ee70.pdf
Pratama, A. R., & Latifa, M. (2024). Inovasi kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) dalam mendorong penanaman nilai-nilai kearifan lokal. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 145-152. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v4i1.160
Priyono, E. (2023). Peran Agen Moderasi Beragama dalam Upaya Peningkatan Kerukunan Umat Beragama. Jurnal Ilmiah Gema Perencana, 2(2). https://doi.org/10.61860/jigp.v2i3.55
Rizaq, M. (2022). Family as Children's First Education; the Role of Parents in the Development of Islamic Religious Education for Elementary School Age Children. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(1), 184-208. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v13i1.1785
Sa’diyah, T. (2022). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. KASTA: Jurnal Ilmu Sosial, Hukum, Agama, Budaya Dan Terapan, 2(3), 148-159. https://doi.org/10.58218/kasta.v2i3.408
Sapitri, A., & Maryati, M. (2022). Peran pendidikan agama Islam dalam revitalisasi pendidikan karakter. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 252-266. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i1.229
Setiabudi, W., Paskarina, C., & Wibowo, H. (2022). Intoleransi di tengah toleransi kehidupan beragama generasi muda di Indonesia. SOSIOGLOBAL: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 7(1), 51-64. https://core.ac.uk/download/pdf/554041187.pdf
Sigalingging, S. I. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Toleransi Antar Umat Beragama di Sekolah. Khidmat, 3(1), 210-214. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/khidmat/article/view/1503
Siswadi, G. A., Candrawan, I. B. G., & Puspadewi, I. D. A. (2024). Membangun Nilai-nilai Moderasi Beragama di Tengah Masyarakat Plural: Sebuah Pendekatan Filsafat Agama. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 29(2), 1-13. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v29i2.280
Sunarti, S. (2023). Penggunaan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Asmaul Husna Di Kelas V Upt Sdn 10 Binamu Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Al-Muhtarif: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3). https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/almuhtarif/article/view/920
Susanti, S. (2022). Moderasi beragama dalam masyarakat multikultural. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(2), 168-182. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i2.1065
Wardani, G. R. S., Hidayah, K., & Suwandi, S. (2021). Hak Asasi Manusia Dan Statement Kebebasan Beragama Dalam Al-Qur’an: Kajian Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 256. QOF, 5(1), 121-132. https://doi.org/10.30762/qof.v5i1.3582
Yanto, M., & Rizqiyah, N. (2024). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 354-363. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/148
Yuslih, M. (2022). Peran Guru PAI Dalam Membangun Sikap Toleransi Siswa (Studi Kasus Di SDN 2 Buwun Sejati). Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 127-145. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v19i1.2071
Refbacks
- There are currently no refbacks.