Pengaruh Motivasi Berbasis Religius terhadap Prestasi Akademik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Dini Amalia

Abstract


This study aims to determine the effect of religious-based motivation on students' academic achievement in Islamic Religious Education (PAI). Religious motivation is seen as an internal drive derived from religious beliefs and values that influences students' learning behavior. This study used a quantitative approach with a survey method. The results of data analysis using simple linear regression showed a positive and significant effect between religious-based motivation and academic achievement in PAI. This finding indicates that the higher students' religious motivation, the higher their academic achievement in PAI. The implications of this study emphasize the importance of strengthening religious values in the educational process to improve the quality of student learning

Full Text:

PDF

References


Sardiman A.M, Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar,(Jakarta:Raja Grafindo Persada,2007)

Syaiful Bahri Djamarah Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru,(Surabaya:Usaha Nasional,1994,)

Abdul Majid dan Dian Andayani,pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikilum 2004,(Bandung: Remaja Rosdakarya,2006)

Abdul Rahman Shaleh,Psikologi Suatu pengantar

Ahmad D Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan islam,(Bandung:PT. Al maarif,1974)

Akyas Azhari, Psikologi Umum dan perkembangan,(Jakarta:Teraju,2004

Arifin, ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoris dan praktis Berdasarkan pendekatan interdisipliner,(Jakarta:Bumi Askara,2009)

Dapartemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Jakarta: Balai Pustaka,1988)

Depdikbud,Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Jakarta:Balai pustaka,1988)

Dinn Wahyudin, dkk.Pengantar pendidikan,(Universitas Terbuka,Jakarta,2007)

H.M.Alisuf Sabri,Psikologi pendidikan,(Jakarta:pedoman ilmu jaya,1996)

Hamzah B. Uno,Teori motivasi dan pengukurannya..h.27-28

Hamzah B.Uno,Teori Motivasi dan pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan,(Jakarta:PT Bumi Askara,2009)

Hamzah B.Uno,Teori motivasi dan pengukurannya analisis di bidang pendidikan,(Jakarta: PT Bumi Askara,2009)

Iskandarwassid.Srategi pembelajaran Bahasa (Bandung:Rosdakarya,2008)

M.Alisuf Sabri,pengantar psikologi umum dan perkembangan,(Jakarta:pedoman ilmu Jaya,1993)

M.Dalyono, psikologi pendidikan,(Jakarta:PT Rineka Cipta,1997

Moh.Shofan,Pendidikan Berparadigma profektif Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam,(Jogjakarta: UGM Press,2004)

Muhibbin Syah,Psikologi Belajar,(Jakarta:PT Raja Grafindo,2007

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensindo,1995)

Nana Sudjana,Teori-teori untuk pengajaran,(Jakarta:FEUI,1991

Ngalim Purwanto,Psikologi pendidikan,(Bandung:PT Remaja Rosdakarya,1993)

Oemar Hamalik

S.F.Habey,Kamus Populer,(Jakarta:PT.Nurani,1983)

Slameto,Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredet,(Jakarta: Bumi Askara,1991)

Suharsini Arikunto,Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan,(Jakarta: Bumi Askara,2009)

Syaiful Bahri Djamarah,Strategi Belajar Mengajar,(Jakarta:Rineka Cipta,2006)

Undang-undang Sisdiknas(Sistem Pendidikan Nasional) 2003,(Jakarta: Sinar Grafika,2003)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.