Evaluasi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Minat Siswa.

Rabiatul Awaliah

Abstract


The use of audiovisual media in Islamic Religious Education (PAI) learning is an innovative strategy to increase students' learning interest. This study aims to evaluate the effectiveness of audiovisual media in PAI learning and its impact on students' interest in learning. The research method used is a qualitative approach with observation, interviews, and questionnaires conducted with students and PAI teachers in schools. The results show that the use of audiovisual media, such as educational videos, animations, and interactive presentations, enhances students' attention, understanding, and engagement in the learning process. Additionally, this media helps teachers deliver material in a more engaging and comprehensible manner. However, some challenges exist, including limited facilities and teachers' proficiency in operating technology. Therefore, support from schools is necessary to provide adequate facilities and training for teachers to optimize the use of audiovisual media in PAI learning.

Full Text:

PDF

References


Djama, Syaiful B, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru (Surabaya: Usaha Nasional, 1984)

Ernanida, E., & Al Yusra, R. (2019). Media audio visual dalam pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101–112.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009)

Hapinas, H., Aslan, A., & Hasanah, M. (2025). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VII MTSS YASTI PIMPINAN TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Jurnal Komunikasi, 3(1), Article 1.

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual dengan minat peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di sman 1 bangkinang kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180.

Isnawati, N., & Setyorini, D. (2012). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetisi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, No. 10, Vol. 1.

Karwati, Euis. Manajemen Kelas (Bandung: Alfabeta, 2014)

Khodijah, Nyayu. Psikologi Pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014)

Mahmud, Psikologi Pendidikan (Bandung: Pustaka Setia, 2012)

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, Cet.1 2001)

Mukarommah, Istiqomatul. “Korelasi Antara Lingkungan Teman Sebaya dan Kedisiplinan Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 3 Sleman”, (Skripsi, UII, Yogyakarta, 2018)

Nurani, Dina Eka. "Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Sambit Tahun Ajaran 2019/2020", (Skripsi, IAIN, Ponorogo, 2020)

Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, No. 3, Vo. 2.

Nurkholis, “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi”, Kependidikan, 1 (Nopember, 2013)

Nurmala, D.A., Tripalupi, L.E, & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. No. 4, Vol. 1.

Pasal 58 ayat 1.

Prahara, Erwin Yudi. Materi Pendidikan Agama Islam (Ponorogo: STAIN Po PRESS, 2009)

Saberi, M.A (2001) "Pangantar Psikologi Umum dan Perkembangan" Jakarta: CV, pedoman llmu Jaya.

Sopyan. “Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Disiplin Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 23 Padang”, Edukasi (Agustus, 2016)

Subor, Alex. Psikologi Umum (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2016)

Syafi’i, Emilia Khumairo. “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tutur dan SMP Negeri 13 Kota Malang”, (Tesis, UIN MALIKI IBRAHIM Malang, 2018)

Syah, M. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008)

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011)

Trisnawati. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Nurul Islam Sekarbela Tahun Ajaran 2016/2017”, (Skripsi, UIN, Mataram, 2017)

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahab, Rohmalina. Psikologi Belajar (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.