Strategi Integrasi Ilmu Sains dan Teknologi dalam Sistem Pendidikan Islam berdasarkan Prinsip-Prinsip Al-Qur’an
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. (t.t.). (2012). Islam and Ideology in Education. Kuala Lumpur: ISTAC.
Al-Asfahani, R. (t.t.). (2015). Al-Mufradāt fī Gharīb al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Ma‘rifah.
Al-Attas, S. M. N. (t.t.). (1993). Islam and Secularism. Kuala Lumpur: ISTAC.
Al-Fairuzabadi, M. (t.t.). (2005). Al-Qāmūs al-Muḥīṭ. Beirut: Dār al-Fikr.
Al-Faruqi, I., R. (t.t.). (2012). Islamic Linguistics and Qur’anic Interpretation. Islamic Journal of Research, 15(3), 99-113.
Al-Ghazali, A. (t.t.). (2004). Maqāṣid al-Falāsifah. Beirut: Dār al-Ma‘rifah.
Al-Munawar, A. (t.t.). (2017). Bias Ideologi dalam Penafsiran Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 9(3), 187-209.
Al-Qaradawi, Y. (t.t.-a). (2010). Fiqh al-Dawlah fī al-Islām. Cairo: Maktabah Wahbah.
Al-Qaradawi, Y. (t.t.-b). (2011). Al-Kitāb wa al-Sunnah fī al-Fiqh al-Islāmī. Cairo: Maktabah Wahbah.
Al-Qurṭubī, A. (t.t.). (2006). Al-Jāmi‘ li Aḥkām al-Qur’ān. Cairo: Dār al-Ḥadīth.
Al-Qurtubi, M. (t.t.). (2006). Tafsīr al-Qurṭubi. Cairo: Dār al-Kutub al-Miṣriyyah.
Al-Rāzi, F. (t.t.). (2008). Mafātīḥ al-Ghayb (Tafsir al-Kabir). Beirut: Dār al-Fikr.
Al-sayuti, J. (t.t.). (2003). Al-Itqān fī ‘Ulūm al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Al-Tabari, M. (t.t.-a). (2000). Jāmi‘ al-Bayān fī Tafsīr al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Al-Tabari, M. (t.t.-b). (2000). Jāmi‘ al-Bayān fī Ta’wīl al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Fikr.
Al-Ṭabari, M. (t.t.). (2001). Jāmi‘ al-Bayān fī Ta’wīl al-Qur’ān (Vol. 2). Beirut: Mu’assasah al-Risālah.
Al-Zurqani, M. (t.t.). (2005). Manāhil al-‘Irfān fī ‘Ulūm al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Amrullah, M. N., J., I. ,. (t.t.). (2018). Bentuk-Bentuk Pesan Dakwah Dalam Kajian Al-Qur’an. Jurnal Komunikasi Islam, 8(1), 41–66.
Anwar, A. (t.t.-a). (2018). Kesalahan Linguistik dalam Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 10(2), 145-160.
Anwar, M. (t.t.-b). (2018). Kesalahan Linguistik dalam Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 25(1), 45-60.
Baidan, N. (t.t.). Metodologi Penafsiran al-Quran (1998) dan Tafsir bi al-Ray (Upaya penggalian Konsep wanita dalam al-Quran) kemudian Wawasan Baru Ilmu Tafsir dan Solusi Qur’ani Terhadap Berbagai Permasalahan Sosial Kontemporer. Nashruddin Baidan, Rekonstruksi Ilmu Tafsir, (Jakarta: PT Dana Bhakti Prima Yasa, 2000), p. 107.
Fadhil, R. (t.t.-a). (2021). Dampak Kesalahan Tafsir dalam Buku Ajar PAI. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 78-95.
Fadhil, R. (t.t.-b). (2021). Kesalahan Kontekstual dalam Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 25(2), 78-95.
Fadhil, R. (t.t.-c). (2021). Kesalahan Linguistik dalam Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 25(2), 56-72.
Fadhil, R. (t.t.-d). (2021). Kesalahan Metodologis dalam Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 25(2), 78-95.
Fadilah, N., B., M. M. E. I. ,. (t.t.). (2019). Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 1–25.
Fathurrahman, A. (t.t.). (2020). Pemahaman Ayat-Ayat Mutasyābihāt dalam Studi Tafsir Klasik dan Kontemporer. Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Hadis, 7(1), 65-89.
Gusmian, I. (t.t.). Khazanah Tafsir Indonesia dari Hermeneutika hingga Ideologi, (Yogyakarta, LKiS, 2013).
Hakim, L. (t.t.). (2016). Pendekatan Tafsir dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 30-50.
Harun, M. (t.t.). (2018). Tafsir Ayat Mutasyābihāt dalam Perspektif Ulama Tafsir. Jurnal Studi Islam, 13(2), 112-135.
Hasibuddin, H., N., A. ,. Shamad, I. ,. (t.t.). (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SDN 24 Maros. Journal of Gurutta Education, 2(2), 78–97.
Hassan, M. (t.t.). (2016). Evaluasi Kurikulum dan Buku Ajar PAI. Journal of Islamic Studies, 30(3), 200-215.
Heri Gunawan, D. A. G. (t.t.). Studi Islam Suatu Pengantar Dengan Pendekatan Interdisipliner, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015), pp. 105-106.
Ibn Kathīr, I. (t.t.). (2003). Tafsir al-Qur’an al-‘Aẓīm (Vol. 1). Riyadh: Dār Ṭayyibah.
Ibn Manẓūr, L. (t.t.). (2003). Lisān al-‘Arab (Vol. 7). Beirut: Dār Ṣādir.
Kholil, M. (t.t.). (2019). The Influence of Israiliyyat in Quranic Exegesis. Journal of Islamic Studies, 30(2), 157-180.
K.N, U. (t.t.). (2022). Memahami Al-Qur’an di masa post truth. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Mahmudi, T. (t.t.). (2022). Kajian Akademik terhadap Buku Ajar PAI. Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 90-105.
Musthofa, A. (t.t.). (2019). Metodologi Tafsir: Prinsip dan Aplikasinya. Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 5(2), 120-135.
N, A. (t.t.). (2017). Faktor-Faktor Penyebab Penyimpangan dalam Penafsiran Al-Quran. Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(1), 1-30. Https://media.neliti.com/media/publications/285122-faktor-faktor-penyebab-penyimpangan-dala-7d39f6ca.pdf.
Nasr, S. H. (t.t.). (2015). The Study Quran: A New Translation and Commentary. New York: HarperOne.
Nassution, S. (t.t.-a). (2020). Kesalahan Kontekstual dalam Tafsir Ayat Al-Qur’an. Journal of Quranic Studies, 18(2), 130-150.
Nassution, S. (t.t.-b). (2020). Kesalahan Metodologis dalam Tafsir Ayat Al-Qur’an. Journal of Quranic Studies, 18(2), 130-150.
Nasution, H. (t.t.-a). (2018). Pendekatan Linguistik dalam Studi Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Ulumul Qur’an, 13(1), 55-78.
Nasution, H. (t.t.-b). (2019). Asbāb al-Nuzūl dan Implikasinya dalam Tafsir Kontemporer. Jurnal Ilmu Tafsir, 12(1), 55-78.
Pilo, N., S., S. ,. Hasibuddin, H. ,. (t.t.). (2023). Kemampuan Guru Menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas di UPT SPF SDN Melayu Muhammadiyah Kota Makassar. Journal of Gurutta Education, 2(2), 1–17.
Rahman, F. (t.t.). (2019). Tafsir Kontekstual dan Tantangan Pendidikan Islam. Islamic Thought Journal, 11(4), 60-80.
Rahman, F. (t.t.). (2020). Tafsir Kontekstual dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 67-90.
Rahman, M. (t.t.-a). (2017). Makna dan Sinonim dalam Bahasa Arab: Studi dalam Konteks Tafsir. Jurnal Ilmu Tafsir, 5(2), 45-60.
Rahman, M. (t.t.-b). (2017). Metodologi Tafsir dalam Buku Ajar PAI. Jurnal Ilmu Tafsir, 5(2), 23-39.
Ridwan, T. (t.t.). (2022). Mazhab dalam Tafsir: Sebuah Kajian Komparatif. Jurnal Ilmu Islam, 15(1), 99-120.
S, P. (t.t.). (2019). Penyimpangan dalam Tafsir Al-Qur’an. Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam, 15(2), 297-318. [Https://journal.alhikmahjkt.ac.id/index.php/HIKMAH/article/download/138/102](https://journal.al.
Salim Hasan, R., Ahmad Hakim. (t.t.). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMA Negeri 15 Makassar.
Setiawan, B. A., P., B. ,. Rofi. (t.t.). (2018). Penguatan nilai ketauhidan dalam praksis pendidikan islam. JIE (Journal of Islamic Education), 3(1), 1–15.
Shihab, M. Q. (t.t.-a). (2007). Tafsir Al-Misbah. Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (t.t.-b). (2007). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Syahrul, R. (t.t.). (2020). Metode Tafsir Bil-Ra’yi dan Pengaruhnya terhadap Pemahaman Al-Qur’an. Jurnal Islam Nusantara, 9(2), 78-95.
Syamsuddin, M. (t.t.). (2021). Metodologi Tafsir dan Penerapan dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam, 19(1), 89-110.
Syarifuddin, M. (t.t.). (2019). Pengaruh Kesalahan Terjemahan dalam Pemahaman Tafsir Al-Qur’an. Jurnal Ilmu Tafsir, 14(2), 125-145.
Taimiyyah, I. (t.t.). (1999). Muqaddimah fi Usul al-Tafsir. Dar al-Fikr.
Refbacks
- There are currently no refbacks.